Beberapa hari lagi kamu akan menghadiri pesta ulang tahun salah satu teman atau hangout bareng si dia. Sialnya, beberapa buah jerawat justru nongol di wajah. Kamu tidak mungkin tampil prima dengan kondisi wajah seperti ini. Bagaimana caranya menyingkirkan jerawat ini dalam waktu singkat? Asalkan kamu mau sedikit bersusah payah, bisa saja, kok. Simak langkah-langkahnya berikut :

  1. Bersihkan wajah

Jerawat disebabkan karena penumpukan sebum dan infeksi bakteri di kulit. Untuk mencegah agar jerawat tidak bertambah parah, kamu perlu membersihkan kulit secara rutin dan maksimal. Gunakan rangkaian produk pembersih wajah yang lengkap dan sesuai dengan kulitmu. Mulai dari cleanser, toner, hingga penyegar.

Pilih yang tidak mengandung terlalu banyak deterjen dan alkohol. Sebab kedua bahan ini bisa membuat kulit semakin kering dan pembengkakan jerawat semakin parah. Hindari juga membersihkan wajah dengan kasar.

  1. Gunakan salep anti-jerawat

Tak cukup hanya dibersihkan, bagian yang berjerawat perlu perawatan khusus agar inflamasi tidak bertambah parah dan cepat kering. Gunakan salep anti-jerawat yang mengandung bahan anti-inflamasi, antiseptik, dan retinoid. Tidak perlu mengoleskan terlalu banyak. Gunakan secukupnya saja, tepat di bagian yang berjerawat sebelum tidur.

  1. Masker penyejuk

Saat kulit sedang berjerawat, terutama jerawat yang meradang, kamu bisa meredakan inflamasinya dengan masker penyejuk. Pilih bahan-bahan yang dapat mendinginkan kulit tanpa menyebabkan reaksi alergi pada kulitmu. Misalnya saja daun mint yang ditumbuk atau parutan mentimun.

Pastikan bahan dan alat yang kamu pakai untuk membuat masker steril. Cuci bersih pisau, parutan, dan buah yang akan dijadikan masker. Gunakan masker ini pada wajah setiap hari. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

  1. Hentikan pemakaian make-up

Selama jerawatmu belum sembuh, sebisa mungkin hindari penggunaan makeup. Kulitmu perlu beristirahat dari bahan-bahan kimia dalam makeup yang bisa membuat jerawat semakin parah.

  1. Ikat rambut dan jauhkan tangan dari muka

Jerawat bisa bertambah parah jika bersentuhan dengan rambut yang berminyak (karena kondisioner atau hair spray). Karena itu ikat rambut dengan rapi. Pastikan tidak ada yang mengenai wajah. Selain itu hindari menyentuh jerawat dengan tangan yang kotor.

  1. Minum air putih

Minum air putih yang kaya akan mineral akan membantu memperbaiki kondisi kulit. Pastikan kamu mengonsumsi minimal 8 gelas air mineral dalam sehari.

  1. Tidur cukup

Sering begadang juga bisa memperburuk kondisi kulitmu. Jerawat juga bisa dipicu karena hal ini. Jangan tidur di atas jam 9 malam. Pastikan kamu tidur nyenyak dan berkualitas agar jerawatmu tidak bertambah parah.

  1. Atur pola makan

Perawatan dari luar saja tidak cukup untuk mengempeskan jerawat dalam waktu singkat. Kamu perlu nutrisi yang cocok untuk kebutuhan kulitmu. Makan buah-buahan dan sayuran hijau akan membantu mengatasi pembengkakan jerawat dari dalam.

Selagi masa penyembuhan jerawat, kurangi makanan berminyak, produk olahan susu, dan makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi.

Itulah beberapa langkah untuk mengatasi peradangan jerawat dalam waktu singkat. Lakukan semua step by step diatas, dan lihatlah perubahan di wajahmu dalam 2 hari.

Cara-Mengatasi-Jerawat-Batu