Saat ini alat pengering tangan sudah banyak digunakan di tempat-tempat umum, seperti di toilet, tempat umum, rumah makan dan lainnya. Alat pengering tangan ini dianggap lebih higinis dibandingkan dengan tisu kertas yang biasanya disediakan untuk mengeringkan tangan. Ini karena ketika menggunakan alat pengering tangan, tangan kita tidak langsung menyentuh alat. Hanya menunggu hingga udara panas yang keluar dari alat tersebut membuat tangan kita kering. Praktis dan memang terlihat lebih higinis. Namun faktanya ternyata jauh dari itu. Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa menggunakan alat pengering tangan ternyata justru bisa menyebarkan lebih banyak kuman dibandingkan dengan tisu kertas atau tisu toilet. Hasil ini didapatkan peneliti dari University of Leeds, seperti dilansir oleh Web MD (21/11).

Penelitian yang dipimpin oleh Mark Wilcox ini dilakukan dengan meletakkan bakteri yang tak berbahaya pada tangan partisipan. Ini dilakukan untuk membuat tangan partisipan kotor dan melihat persebaran kuman ketika menggunakan alat pengering tangan dan tisu kertas. Selanjutnya peneliti mengukur jumlah bakteri yang ditemukan pada tangan dan tisu kertas. Hailnya, peneliti menemukan bahwa tingkat bakteri pada udara di sekitar alat pengering tangan 4,5 kali lebih banyak dibandingkan dengan yang ada pada alat pengering tangan yang menggunakan udara hangat. Sementara itu, jumlah bakteri pada udara di sekitar alat pengering tangan 27 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan yang ada di tisu kertas. Tim peneliti juga menemukan bahwa bakteri yang ada di udara tetap berada disana dalam waktu lama. Sekitar 48 % bakteri tetap bisa dideteksi di udara sekitar alat pengering tangan bahkan dalam waktu 15 menit setelahnya.

“Lain kali ketika mengeringkan tangan di tempat umum gunakan tisu kertas daripada alat pengering tangan. Karena Anda secara tak sadar telah menyebarkan bakteri ke udara sekitar Anda,” ungkap Wilcox.

Wilcox menganggap penelitian ini sangat penting untuk memahami bagaimana bakteri menyebar dan kemungkinan penyakit menyebar juga ke orang lain. Selain itu, masyarakat seharusnya mengetahui fakta bahwa alat pengering tangan tidak higinis daripada menggunakan tisu kertas atau tisu kering untuk membersihkan tangan.

Free-shipping-tangan-mesin-pengering-tangan-otomatis-sensor-mesin-pengering-tangan-kering-kering-tangan-otomatis-mesin.jpg_220x220

Trends Mebel Terbaik:

Harga pengering tangan, pengering tangan otomatis, alat pengering tangam, alat pengering tangan otomatis sensor, jual pengering tangan semarang