Jajan diluar adalah adalah kebiasaan yang tidak menyehatkan. Semua orang bahkan sudah mengerti ini. Namun tidak sidikit yang melakukannya. Bahkan anda yang memiliki aktivitas yang sangat padat, lebih baik biasakan makan di rumah atau mengkonsumsi makanan masakan sendiri. Kegiatan jajan tidak selamanya berjalan dengan baik, karena ada jajanan-jajanan yang tidak baik untuk dikonsumsi. Memasak sendiri memang lebih ribet. Membutuhkan waktu dan usaha yang lebih dibandingkan langsung membeli makanan luar. Namun, manfaat kesehatan juga sangat besar. Selain itu dibandingkan dengan makanan yang dibuat sendiri, jajan diluar bisa memberikan dampak buruk untuk kesehatan. Efek dampak buruk dari jajan sembarangan adalah menjadi sakit karena kandungan jajanan makanan dan minuman yang tidak baik untuk kesehatan tubuh.  Demi terhindar dari berbagai keburukan makanan minuman yang diedarkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, hindarilah jajan sembarangan.

Berikut beberapa alasan untuk tidak jajan sembarangan di luar :

  1. Penuh Lemak dan Kalori

Kebanyakan makanan yang disajikan di luar atau di restoran mengandung banyak lemak dan kalori. Makanan semacam ini bisa merugikan kesehatan anda sendiri, terutama jika anda ingin menurunkan berat badan.

  1. Minyak Digunakan Berkali-kali

Menggunakan minyak berulang kali tentu tidak menyehatkan. Makanan dan jajanan di luar seringkali dimasak dengan minyak yang sudah digunakan berkali-kali, bahkan ada yang sampai berwarna kehitaman. Mengkonsumsi makanan yang dimasak dalam minyak bekas pakai bisa merusak kesehatan dan bisa menyebabkan masalah serius, tidak hanya memicu masalah seperti diare atau sakit perut saja.

  1. Tidak Bersih / Higinis

Makanan dan minuman yang dijual tempat-tempat umum banyak yang tidak mengindahkan aspek higinis. Ada banyak faktor yang menyebabkan makanan dan minuman menjadi tidak bersih sehingga kurang layak untuk dikonsumsi manusia yaitu seperti pencucian bahan makanan, situasi kondisi lingkungan penjual, proses pengolahan input menjadi output, peralatan makan minum pembeli, kebiasaan jorok sumber daya manusia, dll.

  1. Lemak Trans

Diantara semua jenis lemak, lemak trans adalah yang paling berbahaya. Lemak trans tidak hanya bisa menurunkan tingkat kolestrol baik, tetapi juga meningkatkan kolestrol buruk. Anda tidak akan mengetahui jika makanan yang dijual dijalanan mengandung lemak trans, karena itu berhati-hatilah.

  1. Mengandung Zat Kimia Berbahaya

Ada penjual makanan dan minuman yang sengaja menggunakan bahan-bahan terlarang pada makanan dan minuman yang dijualnya. Ada yang menggunakan bahan pengawet, bukan untuk makanan, ada yang memakai pewarna tekstil, ada yang menambahkan bahan kimia makanan secara berlebihan, dan lain sebagainya. Disamping itu bisa juga suatu bahan kimia makanan secara berlebihan dan lain sebagainya.  Di samping itu bisa juga suatu bahan kimia yang membahayakan kesehatan masuk ke dalam makanan minuman secara tidak sengaja, seperti akibat menggunakan alat memasak yang karatan, memakai gayung plastik biasa untuk mengambil air mendidih dari panci, menggunakan kemasan makanan minuman yang bukan untuk makanan dan minuman, dan lain-lain.

Itulah beberapa alasan mengapa sebaiknya Anda mengurangi konsumsi makanan di luar atau jajan sembarangan. Lebih baik konsumsi makanan yang dimasak sendiri karena telah terjamin kesehatan dan kebersihannya. Dalam jangka panjang kebiasaan makan di luar atau jajan sembarangan bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan.

1380986740617378560