Ketagihan belanja furniture online atau barang lainnya? Mungkin tak sedikit yang merasakan hal ini. Terlebih untuk kaum urban yang memiliki banyak aktivitas sehingga memilih cara praktis ini. Menurut Brand and Market Institute (BMI) Research Head, Yoanita Shinta Devi ada beberapa alasan seseorang bisa ketagihan belanja online.

“Di 2015 ini banyak juga yang akan ketagihan belanja online, alasannya karena pengguna internet makin banyak. Aktivitas makin sibuk sehingga lebih mencari yang praktis, dan harga bisa dibilang lebih murah,” kata wanita yang akrab disapa Devi ini, Jumat 23 Januari 2015.

Alasan tersebut didapat dari penelitian yang dilakukan BMI yang melibatkan sekitar 1.213 pengguna internet aktif. Selain mengetahui alasan ketagihan belanja online, dalam penelitian tersebut ditemukan juga barang yang menjadi favorit dan sering dicari di media. Devi mengatakan benda yang paling banyak dicari di media online yaitu pakaian menyusul kemudian aksesoris fesyen. “41 persen barang yang diminati di media online itu baju kemudian aksesoris fesyen. Lalu gadget, elektronik hingga kebutuhan wisata,” katanya.

Devi juga menambahkan kegiatan belanja lewat toko online kini bukan sekedar pemenuh kebutuhan barang melainkan bagian gaya hidup.

“Untuk wanita belanja online itu sebagai peningkat mood jadi semakin semangat kerjanya, kalau pria lebih ke pemghilang stres,” kata Devi.

Waktu-waktu belanja online pun menurut Devi ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan. “Kalau wanita itu sesuai penelitian yang dilakukan BMI itu mulai dari jam 10 pagi sampai 12 siang sementara laki-laki mulai dari jam 8 malam,” ujarnya.

Melihat hal ini, Devi mengatakan tren belanja online akan semakin meningkat di 2015. “Dari penelitian menunjukan 2015 tren belanja mebel online akan meningkat sekitar dua kali lipatnya dari tahun ini, sehingga bisa jadi kesempatan emas untuk yang ingin mencoba berbisnis,” tuturnya.

aries-meja-kantor-minimalis-white-antique

620215742b6055780a0e6a135843af27