Ketika melakukan perjalanan dengan pesawat terbang, tidak jarang kita merasakan masakan ataupun makanan yang diberikan maskapai penerbangan memiliki rasa yang kurang sedap. Jika Anda merasakan hal ini, jangan berpikir bahwa rasa hambar dari makanan tersebut adalah kesengajaan ataupun kesalahan memasak dari perusahaan penerbangan yang kita tumpangi. Ada beberapa alasan yang menyebabkan makanan dipesawat hambar dan kurang sedap. Dilansir dari bbc.com, inilah alasan kenapa rasa makanan di pesawat hambar atau berbeda dengan makanan di darat.

  1. Tekanan rendah

Saat berada di atas awan, tekanan udara menjadi rendah dan lebih kering dibandingkan saat berada di darat. Tekanan udara ini bisa memicu indera penciuman seseorang tidak berfungsi secara maksimal. Saat berada pada tekanan rendah, selera makan dan sensitivitas indera perasa lidah akan berkurang. Sebuah studi di Fraunhofer Institute Jerman menunjukkan pada tekanan udara rendah, sekitar 30% sensitivitas indera perasa dalam menangkap rasa asin dan manis berkurang.

  1. Kekeringan udara

Mengingat tekanan udara menjadi rendah saat berada di ketinggian, bisa dipastikan udara juga menjadi kering. Kekeringan udara disinyalir bisa menurunkan selera makan seseorang. Meskipun makanan telah disajikan dengan rasa yang enak dan gurih, tetap saja lidah menerimanya dengan rasa yang berbeda bahkan cenderung hambar.

  1. Resep diproduksi secara massal

Menyiapkan dan menyajikan makanan dalam jumlah besar di dalam pesawat tentu tidak mudah. Makanan untuk penumpang pesawat yang jumlahnya ratusan biasanya diproduksi dan dimasak secara massal di darat. Makanan lalu didinginkan dan dikemas sebelum dimasukkan ke dalam pesawat. Saat penyajian untuk para penumpang, makanan ini dipanaskan kembali menggunakan oven. Tidak heran jika makanan di pesawat rasanya bisa berubah dan tidak lagi fresh.

Itulah alasan kenapa makanan di dalam pesawat memiliki rasa yang berbeda dan cenderung hambar. Jika Anda menemukan rasa makanan di pesawat tidak sesuai dengan rasa makanan dari restoran ataupun tempat aslinya, kemungkinan besar tekanan udara menjadi salah satu penyebabnya.

1759336anak-di-pesawat780x390