Anda tidak perlu membeli bantal untuk bayi Anda. Selain karena bayi tidak terlalu membutuhkan bantal atau guling untuk menemani tidurnya, ini juga dapat berbahaya bagi bayi. Mengapa? Orangtua harus ekstra dalam memperhatikan posisi tidur bayi. Oleh karena itu, bantal atau benda lainnya tidak disarankan untuk diletakkan di tempat tidur bayi. Para ahli mengatakan bahwa, bayi lebih baik tidur tanpa bantal selama beberapa tahun pertamanya. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut, mengapa penggunaan bantal dapat berakibat buruk bagi bayi Anda. Ini sebagaimana dilansir dari Boldsky, Rabu (7/1/2015).

  1. Sindrom kepala datar

Jika anak Anda tidur selama beberapa jam dengan bantal yang lembut, ini dapat menimbulkan perubahan bentuk atau deformasi bentuk kepala bayi yang masih lunak. Ini alasan mengapa kepala bayi dapat berubah menjadi gepeng di sisi tertentu, kondisi ini disebut sindrom kepala datar.

  1. Kehilangan napas

Ini mungkin terdengar mengerikan, tetapi benda-benda seperti bantal yang diletakkan di tempat tidur bayi dapat membuatnya tidak nyaman. Yang terburuk adalah ini dapat menimbulkan kecelakaan saat benda tersebut menutup saluran napasnya.

  1. Menyebabkan kepanasan

Jika bayi Anda saat ini masih menggunakan bantal, sarung bantal juga mungkin dapat menimbulkan masalah. Bahan seperti polister yang panas dapat membuat ketidaknyamanan pada bayi. Sekali lagi, bantal juga memiliki kemungkinan untuk membuat bayi kesulitan bernapas saat tidur.

Itulah beberapa penjelasan mengapa penggunaan bantal pada bayi tidak aman.

bayi-tertidur-pulas