Entah karena aktivitas yang tinggi atau ingin menguruskan badan dengan cara yang cepat, kebanyakan dari Anda pasti pernah melewatkan jam makan atau makan dengan jadwal yang tidak teratur. Nyatanya, kebiasaan ini mampu memberikan efek buruk untuk kesehatan tubuh Anda. Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah hal-hal yang bisa terjadi pada tubuh Anda karena Anda melompati jam makan.

  1. Perubahan hormon
    Bila Anda melewatkan waktu makan, maka keseimbangan hormon dalam tubuh Anda juga ikut terpengaruh. Kortisol Anda meningkat dan membuat tegang. Perubahan hormon ini juga berkontribusi terhadap peningkatan berat badan.
  2. Fluktuasi glukosa dalam tubuh
    Fluktuasi glukosa dalam tubuh mampu terpengaruh saat Anda makan secara tidak teratur. Selain menimbulkan kenaikan berat badan, Anda juga akan berisiko tinggi untuk terkena diabetes.
  3. Masalah pencernaan
    Anda disarankan untuk makan tiga kali sehari dengan menu yang sehat. Hal ini bertujuan agar fungsi sistem pencernaan Anda menjadi sehat.
  4. Kenaikan berat badan
    Jika Anda ingin menurunkan berat badan dengan cara melompati jam makan, maka Anda salah. Sebab kebiasaan tersebut justru akan menimbulkan kekacauan sistem tubuh yang berakhir dengan kenaikan berat badan.
  5. Mempengaruhi kebiasaan makan
    Melompati jam makan tentu akan mempengaruhi kebiasaan makan Anda. Oleh karena itu jangan sesekali melompati waktu makan.
  6. Mudah lelah
    Makan tidak teratur akan memperlambat sistem metabolisme Anda dan mampu membuat Anda menjadi lebih mudah lelah. Hal ini tentu saja mampu mempengaruhi fungsi normal dari keseluruhan sistem kesehatan tubuh.
  7. Komplikasi diabetes
    Jika Anda adalah pasien diabetes, melewatkan jam makan mampu membawa dampak serius pada kesehatan tubuh. Kekurangan glukosa akan membuat penyakit Anda lebih parah.
  8. Mood swing
    Pernahkah Anda merasa marah saat lapar? Hal tersebut menjadi salah satu akibat dari kebiasaan melompati jam makan Anda.
  9. Penurunan kesehatan otak
    Glukosa memberi bahan bakar pada otak. Oleh karena itu saat Anda melewatkan jam makan, glukosa dalam tubuh akan berkurang dan otak tidak bisa berfungsi dengan baik.
  10. Makan lebih banyak
    Saat Anda melompati jam makan, tak jarang Anda akan ‘balas dendam’ di waktu makan berikutnya. Hal ini tentu saja lebih berbahaya sebab perut Anda yang kosong akan langsung bekerja keras mencerna makanan yang masuk dalam jumlah banyak.

Itulah bahaya yang tersimpan saat Anda suka melewatkan jam makan. Oleh karena itu jangan pernah beranggapan bahwa melewatkan jam makan bisa membuat Anda menjadi lebih kurus atau tidak berdampak apapun pada kesehatan tubuh.

sakit-maag